Friday, October 4, 2013

12 Fakta Seputar Gitar Listrik

Post oleh : AnimeUnique | Rilis : October 04, 2013 | Series :


Tidak diragukan lagi gitar elektrik adalah salah satu instrumen musik yang paling menarik. Gitar elektrik juga memiliki fakta dan pengetahuan yang mungkin belum diketahui oleh khususnya pemain instrumen tersebut. Instrumen indah ini sudah ada selama berdekade-dekade dan selalu berkembang. Merk gitar ternama yang pertama dikenal adalah Gibson Les Paul dan Fender.
Suara gitar yang dihasilkan oleh gitar dari kedua merk tersebut agak berbeda. Suara gitar Gibson bisa dibilang lebih berat daripada suara gitar Fender yang lebih blues. Namun kedua merk tersebut telah menciptakan pemain-pemain gitar legendaris. Kini selain kedua merk tersebut, ada banyak merk yang tersedia dengan harga yang berbeda-beda. Salah satu dari merk gitar tersebut dapat dibeli dengan mudah di toko alat musik lokal. Instrumen musik ini membutuhkan waktu yang lama untuk menguasainya.
Berikut adalah 12 fakta seputar gitar elektrik.
1. Gitar elektrik pertama kali ditemukan oleh George Beauchamp pada tahun 1931.
2. Nama Gibson Les Paul berasal dari nama musisi yang juga bernama Les Paul.
3. Meskipun terhubung dengan listrik, instrumen itu sendiri tidak dialiri aliran listrik sehingga aman dari bahaya tersetrum.
4. Gitar elektrik memanfaatkan gelombang elektromagnetik untuk mengubah getaran senar gitar menjadi sinyal elektrik.
5. Tidak ada instrumen musik lain yang memiliki dampak besar terhadap perkembangan musik sejak awal abad 20 selain gitar elektrik.
6. Instrumen musik ini mampu menghasilkan beberapa aliran musik seperti jazz, rock, blues, funk, soul atau metal hanya dengan 6 senar.
7. Bahan dasar utama gitar elektrik adalah solid wood.
8. Terdapat banyak jenis gitar elektrik, seperti gitar 7, 8, 9, dan 12 senar, gitar double-necked, dan bahkan gitar dengan 5 neck.
9. Gitar elektrik juga menggunakan tremolo arms yang bisa dipasang dan dilepas dengan mudah untuk mengubah pitch dari senar gitarnya.
10. Jimi Hendrix adalah gitaris paling terkenal karena ia telah bereksperimen banyak dengan suara gitar miliknya. Dia membuat gitar miliknya seperti bicara dan memiliki metode untuk bermain gitar dengan potensi penuhnya. Jimi Hendrix menggunakan gitar Fender Stratocaster.
11. Gitar elektrik menangkap suara melalui tiga pickup utama yang bernama single coil dan pickup humbucker.
12. Gitar untuk orang kidal dibuat berbeda dengan gitar untuk orang yang tidak kidal, walaupun gitar untuk orang yang tidak kidal bisa dipakai juga untuk orang kidal, dengan susunan senar yang berbeda.

google+

linkedin